Thursday 24 September 2015

Pengertian Tag Elemen dan Atribut Pada HTML

Pengertian Tag Elemen dan Atribut Pada HTML


Pengertian Tag Elemen dan Atribut Pada HTML - Ini merupakan langkah paling dasar bagi anda yang ingin belajar HTML lebih dalam lagi.  Ya benar, karena HTML merupakan kode yang berisikan tag markup. Tag Markup berfungsi untuk memberitahukan kepada browser bahwa kode HTML ini akan ditampilkan seperti apa? Tergantung fungsi dari tag tersebut. Maka dari itu, ini merupakan langkah yang paling penting dalam HTML. Sebelum anda membaca tutorial ini lebih lanjut, saya sarankan anda sudah mengetaui Pengenalan HTML atau Cara Membuat Halaman HTML Menggunakan Notepad.

Pengertian Tag Elemen dan Atribut Pada HTML

Pengertian Tag Elemen

HTML merupakan bahasa Markup, Markup sendiri berfungsi untuk memberitahukan kepada browser bahwa kode HTML ini akan ditampilkan seperti apa? Paragraf, List, Tabel atau Teks Bercetak Tebal?. Markup ini dikenal dengan Tag. Sebagian besar Tag yang ada di HTML selalu berpasangan (contoh: <tag> dan </tag>) kecuali tag <br /> <input> dan masih banyak lagi. 
Akan saya jelaskan sedikit cara menggunakan Tag di HTML. Tag HTML di awali dengan tag pembuka “<tag>” dan di akhiri dengan tag penutup </tag>. Kenapa Tag HTML harus di akhiri dengan tag penutup ? Jika sebuah kode Tag HTML tidak ditutup dengan Tag Penutup, maka browser akan meneruskan kode tersebut sampai kode HTML selesai. Akan saya contohkan seperti di bawah ini:
Contoh Kode HTML tanpa tag penutup:
<p>Selamat Datang di Halaman HTML, Ini adalah sebuah paragraf dengan teks  <b>tebal dan bercetak <i>miring
hasilnya:
Contoh Kode HTML tanpa tag penutup

Contoh Kode HTML Yang di awali dengan Tag Pembuka dan diakhiri dengan Tag Penutup
<p>Selamat Datang di Halaman HTML, Ini adalah sebuah paragraf dengan teks <b>tebal</b> dan bercetak <i>miring</i></p>
hasilnya:
  
Contoh Kode HTML Yang di awali dengan Tag Pembuka dan diakhiri dengan Tag Penutup

Berbeda bukan? Intinya, sebuah tag HTML harus di awali dengan tag pembuka <tag> dan di akhiri dengan tag penutup </tag>
Catatan, ini merupakan hal - hal yang perlu anda ingat:
  • Tag HTML selalu di awali dengan tag pembuka <tag> dan di akhiri dengan tag penutup </tag> kecuali tag <br /> <input> dll.
  • Tag HTML bersifat Case Sensitife yaitu tag <tag> memiliki fungsi yang sama seperti tag <TAG>
  • Jika Tag HTML tidak di akhiri dengan tag penutup, maka browser akan terus membaca fungsi tag tersebut sampai akhir dari kode HTML.

Elemen Tag HTML

Elemen Tag HTML adalah teks yang berada di antara tag pembuka dan tag penutup (contoh: <tag>Elemen</tag>). Akan saya jelaskan dengan kode di bawah ini:
<p>Belajar HTML sangatlah <b>menyenangkan dan mudah di pahami</b></p>
Dimana letak Elemen Tag HTML? Yaitu teks “menyenangkan dan mudah dipahami merupakan elemen dari tag <p> (Teks di antara kedua tag disebut dengan Elemen). 

Pengertian Atribut HTML

Atribut HTML adalah sebuah informasi tambahan pada sebuah tag seperti Membuat Link di Dalam Teks, Memberi Warna Teks, Merubah Ukuran Huruf dll. Cara Menggunakan Atribut HTML memang hampir sama seperti Tag HTML, akan tetapi akan ada beberapa atribut tambahan seperti border, align, bgcolor dan lain - lain. Berikut contoh kode Atribut HTML:
<p align=”center”>Ini adalah sebuah Atribut HTML dengan teks rata tengah</p>
Lihat baik - baik kode yang ada di atas, ada penambahan atribut align yang memberikan nilai center. Itulah yang dinamakan Atribut HTML. Akan saya jelaskan mana yang merupakan nama Atribut dan mana yang merupakan sebuah nilai, Align merupakan nama Atribut sedangkan tulisan center adalah sebuah nilai (value).

Sudah mengerti kan Tutorial HTML yang ada di atas? Jika anda masih kebingungan, silahkan anda bisa bertanya di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan sudah membaca artikel ini.