Sunday 2 August 2015

Cara Menggunakan Entitas Karakter di HTML

Cara Menggunakan Entitas Karakter di HTML


Cara Menggunakan Entitias Karakter di HTML - Entitas Karakter merupakan sesuatu yang penting di dunia Webmaster terutama di bagian HTML. Karena dengan adanya Entitas Karakter kita bisa menampilkan karakter khusus di browser seperti < (kurang dari), >(Lebih dari), “(Tanda Kutip), ‘(Kutip Tunggal), &(dan). Akan saya jelaskan terlebih dahulu Apa yang dimaksud dengan Entitas Karakter di HTML.

Apa Itu Entitas Karakter dan Bagaimana Cara Menggunakan Entitas Karakter di HTML?

Entitas Karakter adalah sebuah kode untuk menampilkan karakter khusus dalam HTML. Misalnya, jika anda ingin menampilkan karakter khusus pada postingan blog / website seperti karakter < (kurang dari) maka kita tidak bisa menampilkan karakter tersebut, karena karakter tersebut memiliki arti khusus dalam HTML (sebagai tag pembuka). Maka dari itu, kita akan menggunakan Entitas Karakter untuk menampilkan karakter tersebut di HTML. Sebagai contoh, kita akan menampilkan kalimat di bawah ini pada browser menggunakan kode HTML.
“<tag> adalah tag pembuka dan </tag> adalah tag penutup”

Kita akan mencoba menampilkan kalimat di atas dengan 2 kode di bawah ini:
Tanpa Entitas Karakter:
<html>
<body>
<tag> adalah tag pembuka dan </tag> adalah tag penutup
</body>
</html>

Menggunakan Entitas Karakter:
<html>
<body>
&lt;tag&gt; adalah tag pembuka dan &lt;/tag&gt; adalah tag penutup
</body>
</html>

Silahkan anda simpan salah satu kode di atas di Notepad kemudian buka file yang telah anda simpan menggunakan browser yang anda gunakan, maka anda hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini.
Contoh Cara Menggunakan Entitas Karakter HTML


Perhatikan pada kode bagian 2, kedua tanda < dan > saya ubah menggunakan Entitas Karakter. Tanda < saya ubah menjadi &lt; dan tanda > saya ubah menjadi &gt; sehingga kedua tanda tersebut dapat muncul di browser, jika kita tidak menggunakan Entitas Karakter, maka tanda < dan > tidak akan muncul. Sudah mengerti kan ? Sekarang saya akan memperlihatkan kepada anda beberapa kode Entitas Karakter yang sering digunakan:

Entitas Karakter di HTML
Hasil       Penjelasan     Nama Entitas       Nomor Entitas       
Spasi&nbsp;&#160;
<Kurang dari&lt;&#60;
>Lebih dari&gt;&#62;
"Tanda Kutip&quot;&#34;
'Kutip Tunggal         &apos;&#39
&Dan&amp;&#38
Copyright by: www.ipeenk.com

Pasti anda bingung, kenapa ada dua jenis Entitas Karakter? Ya, memang ada dua jenis Entitas Karakter, yang pertama adalah “Nama Entitas” dan yang kedua adalah “Nomor Entitas”. Apakah bisa saya memilih salah satu jenis Entitas Karakter tersebut? Tentu saja bisa, silahkan anda bisa menggunakan salah satu jenis Entitas Karakter.

Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan sudah membaca artikel ini, Silahkan anda bisa membaca artikel lainya yang ada di blog ini. Salam Logika