Tuesday 20 October 2015

Belajar HTML Quotes & Citation Elements

Belajar HTML Quotes & Citation Elements


Belajar HTML Quotes & Citation Elements - Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari HTML Format Teks, pada artikel kali ini kita akan membahas HTML Quotes (Kutipan) dan Citation Elements (Untuk mendefinisikan Judul Karya). HTML Quotes sering digunakan oleh para webmaster, karena dengan adanya HTML Quotes, sang penulis artikel dapat memberikan Kutipan Pendek ataupun Kutipan Panjang di artikelnya. Langsung aja kita pelajari cara menggunakan HTML Quotes & Citation Elements.

Belajar HTML Quotes & Citation Elements

HTML <blockquote> Untuk Kutipan Panjang

Sebagian besar webmaster menggunakan HTML <blockquote> untuk membuat kutipan. Anda dapat membuat Kutipan Panjang menggunakan tag <blockquote>. Berikut contoh cara menggunakanya.
Contoh:
<b>Welcome To The Ipeenk Creations</b><br />
<blockquote>Selamat Datang di The Ipeenk Creations, ini adalah contoh Kutipan Panjang</blockquote>
Maka hasilnya:

Contoh HTML Kutipan <blockquote>

HTML <q> Untuk Kutipan Pendek

HTML <q> biasa digunakan untuk membuat Kutipan Pendek (Short Inline Quotation). Jika anda menggunakan HTML <q> maka browser akan menambahkan tanda kutip (“) di awal dan akhir element <q>.
Contoh:
<b>Welcome To The Ipeenk Creations</b><br />
<q>Selamat Datang di The Ipeenk Creations, ini adalah contoh Kutipan Pendek</q>
Hasil:
Contoh HTML <q>


HTML <abbr> Untuk Singkatan & Akronim

HTML <abbr> digunakan untuk membuat Singkatan & Akronim. Jika anda menggunakan HTML <abbr> browser akan menampilkan seperti halnya teks biasa, namun akan berguna sekali untuk terjemahan dan Search Engine karena dapat membantu Search Engine untuk mendefinisikan arti dari teks tersebut.
Contoh:
<p><abbr title="The Ipeenk Creations">TIC</abbr> didirikan pada tahun 2014 oleh seorang pemuda bernama Irfan Chandra Irawan</p>
Hasil:
Contoh HTML <abbr>

HTML <address> Untuk Informasi Kontak

HTML <address> digunakan untuk mendefinisikan Informasi Kontak. Biasanya Browser akan menampilkan element <address> dalam bentuk miring (italic).
Contoh:
<address>
Written by Irfan Chandra Irawan.<br>
Visit us at:<br>
www.Ipeenk.com<br>
Tegal, Jawa Tengah<br>
INDONESIA
</address>
Hasil:
Contoh HTML <address>


HTML <cite>

HTML <cite> digunakan untuk mendefinisikan judul sebuah karya. Biasanya HTML <cite> digunakan untuk dokumen - dokumen penting seperti penerbitan sebuah buku. Jika anda menggunakan HTML <cite> maka browser akan menampilkan element <cite> dalam bentuk miring (italic)
Contoh:
<p><cite>The Ipeenk Creations</cite> by Irfan Chandra Irawan. Dibuat pada tahun 2014.</p>
Hasil:
Contoh HTML <cite>


HTML <bdo>

HTML <bdo> digunakan untuk mendefinisikan arah teks. Anda bias menampilkan teks dari kanan ke kiri menggunakan HTML <bdo>. Untuk menggunakan HTML <bdo> kita akan menambahkan atribut “dir” dengan di tambahkan nilai “rtl” (Right To Left).
Contoh:
<b>The Ipeenk Creations</b><br />
<bdo dir="rtl">Teks ini akan ditampilkan dari kanan ke kiri</bdo>
Hasil:
Contoh HTML <bdo>


Cukup sampai disini dulu pembelajaran HTML Quotes & Citation. Jika anda masih kebingungan tentang penjelasan yang ada di atas, silahkan anda dapat berkomentar di artikel ini. Terima kasih anda telah membaca artikel ini dan sudah mengunjungi situs ini.