Tuesday 4 August 2015

Cara Membuat Hyperlink dan Anchor di HTML

Cara Membuat Hyperlink dan Anchor di HTML


Cara Membuat Hyperlink dan Anchor Di HTML -  Hyperlink dan Anchor sangatlah penting di dunia website karena dengan adanya Hyperlink dan Anchor, kita dapat menghubungkan link 1 ke link 2 menggunakan konsep Hypelink. Hyperlink dan Anchor menggunakan tag <a>. Sedangkan untuk Atributnya, Hyperlink menggunakan Atribut “href” dan Anchor menggunakan atribut “name”. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang Cara Membuat Hyperlink dan Anchor, saya akan menjelaskan terlebih dahulu Apa Itu Hyperlink dan Anchor.

Apa itu Hyperlink? - Hyperlink (dalam istilah web) adalah sebuah referensi (alamat sebuah website) sumber - sumber informasi lain yang ada di internet. Hyperlink digunakan untuk merujuk (mengarah) ke sebuah alamat website lain dalam sebuah dokumen ataupun postingan seperti gambar, halaman website, postingan website, movie, lagu, file dan lain - lain.

Apa itu Anchor? - Anchor (Jangkar) adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan tujuan sebuah hyperlink dalam sebuah dokumen. Anchor ini digunakan ketika anda membaca sebuah dokumen dan di dokumen tersebut ada 2 bab, sedangkan anda sudah membaca bab 1 pada dokumen tersebut dan anda ingin melanjutkan pada bab 2. Maka dari itu, Anchor berfungsi untuk merujuk pada bab selanjutnya pada dokumen tersebut. 

Apa perbedaan Hyperlink dan Anchor? - Hyperlink dan Anchor memang memiliki fungsi yang sama, akan tetapi Hyperlink dan Anchor memiliki peran yang berbeda. Hyperlink berperan untuk mengarahkan dokumen ke dokumen lain pada sebuah website. Sedangkan Anchor berperan untuk mengarahkan bab 1 ke bab 2 ataupun seterusnya (tidak mengarahkan ke dokumen lain, tetapi hanya mengarahkan pada satu dokumen saja).

Cara Membuat Hyperlink dan Anchor di HTML

Sintak Link

Sintak Link adalah sebuah kode yang mendefinisikan apa yang ingin anda tampilkan kepada pengunjung, berikut adalah contoh Sintak Link di HTML:
<a href=“http://alamatwebsite.com/” >Teks Link</a>
Teks Link adalah Isi Elemen pada tag <a> yang berperan untuk menampilkan kepada pengunjung.

Atribut href

Atribut href adalah sebuah atribut yang berfungsi untuk membuka alamat website ketika pengunjung mengeklik link yang telah kita buat. Berikut adalah contoh penggunaan atribut href:
<a href=“http://www.ipeenk.com/“>The Ipeenk Creations - Belajar menjadi Webmaster sambil praktek</a>
Maka hasilnya akan seperti ini

Perhatikan kode di atas baik - baik, Atribut href (http://www.ipeenk.com) berisikan sebuah alamat yang akan dibuka ketika pengunjung mengeklik link yang kita buat, sedangkan Isi Elemen (The Ipeenk Creations - Belajar menjadi Webmaster sambil praktek) adalah sebuah Teks Link yang akan ditampilkan kepada pengunjung.

Atribut Target 

Atribut Target berfungsi ketika pengunjung mengeklik link yang telah anda buat, kemudian link tersebut akan terbuka di Tab Baru. Berikut adalah contoh penggunaan Atribut Target:
<a href=“http://www.ipeenk.com/”>The Ipeenk Creations - Belajar menjadi Webmaster sambil praktek</a>
Maka hasilnya seperti ini

Atribut Name (Anchor)

Untuk membuat Anchor di HTML kita akan menambahkan Atribut Name pada tag <a>. Berikut adalah contoh cara menggunakan atribut anchor:
<a name=“tutorial”>Cara Membuat Hyperlink, Anchor dan link di HTML</a>
Sekarang kita sudah membuat Anchor, sekarang kita akan membuat Hyperlink yang akan mengarahkan link tersebut ke Anchor (kode di atas, hanya ditampilkan sebagai tulisan biasa karena Atribut Anchor merupakan pendefinisian di sebuah halaman web aja). Berikut cara menggunakanya:
<a href=“#tutorial”>Cara Membuat Hyperlink dan Anchor di HTML</a>

Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan sudah membaca artikel tentang Cara Membuat Hyperlink dan Anchor di HTML.