Sunday 5 July 2015

Kumpulan Istilah-Istilah Dalam Blog dan SEO Lengkap

Daftar Istilah Umum Dalam SEO

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Kumpulan Istilah-Istilah Dalam Blog dan SEO Lengkap - Mungkin bagi anda yang baru terjun ke dunia blogging, anda akan sedikit kebingungan Istilah - Istilah Dalam SEO. Maka dari itu sebelum anda mengenal teknik SEO yang lebih dalam lagi, saya harapkan anda sudah mengetahui Istilah - Istilah Umum Dalam SEO. Jika anda sudah mengetahui Istilah Umum Dalam SEO, silahkan anda bisa membaca artikel lain seperti: Cara Mengganti Template Blogger atau Cara Pasang Meta Description, Title Tag, Dan Heading Tag Berbeda Tiap Artikel.

Istilah OPTIMASI SEO ONPAGE

OPTIMASI HEAD

  • TITLE TAG adalah kode yang akan menampilkan Judul Artikel di Search Engine Google dan akan menampilkan Judul tersebut di Tab Browser. Letak TITLE TAG tepat di bawah kode <head>, contoh dari kode TITLE TAG dalam HTML seperti berikut: <title>Judul Halaman / Artikel</title>
  • META DESCRIPTION adalah Meta yang akan menampilkan Deskripsi sebuah blog / website di Search Engine Google, Meta ini akan menampilkan deskripsi tepat di bawah Judul (Title). Contoh Kode HTML Meta Description seperti berikut: <meta name='description' content='deskripsi untuk blog anda' /> Kode ini akan ditaruh tepat di bawah <head> sama seperti TITLE TAG
  • META ROBOT merupakan Meta yang akan mengatur perilaku ROBOT pada halaman blog anda. Kode META ROBOT pada umumnya akan seperti ini: <meta name='robots' content='noindex' />
  • CSS (Cascade Style Sheet) adalah sebuah kode yang berfungsi untuk mengatur tampilah halaman Blog / Website. Letak kode CSS berada di bawah kode <head> namun bisa juga di letakan di bawah kode <body> dengan menggunakan perintah Class atau Id.


OPTIMASI BODY

  • HEADING BLOG adalah Heading yang sangat di perlukan di sebuah blog, ada 4 Heading yang perlu anda ingat seperti: Heading Judul Halaman (<h1>) posisi Heading ini tepat di bagian paling atas, Heading ini hanya boleh digunakan 1 kali saja di setiap artikel. Heading Judul Artikel (<h2>) anda bisa melihat Heading ini yang bertuliskan “Daftar Istilah - Istlah Umum Dalam SEO”, Heading SubJudul (<h3>) anda bisa melihat Heading ini yang bertuliskan “Istilah OPTIMASI ONPAGE SEO”. Heading Judul Widget (<h4>) adalah Heading yang digunakan untuk setiap widget yang ada di blog anda.
  • BOLD, ITALIC, UNDERLINE (Tebal, Miring, Garis Bawah) merupakan cara terbaik untuk menegaskan kata kunci. Contoh kode htmlnya seperti berikut: <b> untuk Bold, <i> untuk Italic, <u> untuk Underline>
  • KONTEN adalah istilah yang digunakan untuk sebuah Artikel atau gambar dan fitur lainya yang ada di dalam sebuah blog. Konten yang baik adalah Artikel Yang Berkualitas Standar SEO, pasti anda pernah mendengar Content Is King, Backlink Is Queen. Ya, itu benar sekali. Kunci dalam SEO adalah Content dan Backlink.
  • ALT TAG adalah sebuah kode yang dimasukan ke dalam Gambar / Link sehingga Robot Google bisa mendefinisikan setiap Gambar / Link yang ada di setiap halaman blog anda.
  • IFRAME adalah sebuah kode yang berfungsi untuk menampilkan sebuah Jendela Halaman web lain yang biasa kita sebut dengan Pop-Up. Saran saya jangan gunakan IFRAME, karena akan mengurangi nilai SEO blog anda.
  • FLASH merupakan sebuah elemen yang bergerak tapi Google belum bisa mendefinisikan sebuah FLASH, maka dari itu jangan gunakan FLASH di blog anda, blog yang memiliki FLASH akan kesulitan untuk terindex oleh Search Engine.
  • JAVASCRIPT adalah sebuah kode yang ditaruh di bawah kode <body>. Jika anda sering menggunakan Javascript, saran saya gunakan Javascript Internal daripada menggunakan Javascript Inline supaya loading blog anda cepat.

Istilah OPTIMASI SEO OFFPAGE

  • BACKLINK adalah istilah untuk menyatakan link dari Website lain ke Website kita, misalnya jika saya menaruhkan link blog anda ke blog saya, maka blog saya adalah Backlink untuk blog anda. Sudah mengerti kan? Perlu di catat, Tidak semua backlink memberikan poin ke blog anda, tergantung apakah situs tersebut Dofollow atau Nofollow.
  • Doffolow & Noffolow merupakan sifat link yang memberikan nilai kepada website yang dituju, sedangkan Nofollow tidak akan memberikan nilai kepada website yang dituju.

Istilah SEO BLACK HAT 
SEO BLACH HAT merupakan sebuah teknik seo yang mengumpulkan kata kunci yang berlebihan seperti membuat Deskripsi yang panjang, Mengulangi kata kunci lebih dari 2x, Teks Tersembunyi, Cloacking, Link Scheme dan masih banyak lagi.

Istilah SEO Dari SEARCH ENGINE


  • KUERI PENCARIAN adalah sebuah kata - kata yang anda masukan ke dalam kolom pencarian Search Engine seperti Yahoo, Google, Bing dll. Kueri Pencarian biasa disebut dengan Search Query
  • KATA KUNCI adalah kata - kata yang diutamakan untuk menekankan kata kunci pada sebuah halaman seperti teks yang ditebalkan. Kata Kunci biasa disebut dengan Keyword. Ingat, jangan pernah menggunakan trik Spaming Keyword.
  • ALGORITMA adalah sebuah istilah untuk menghitung sebuah nilai - nilai halaman yang sangat rumit seperti masuknya jumlah link yang keluar (External Link) atau masuk (Internal Link),  Jumlah Backlink yang bernilai Dofollow / Nofollow dan masih banyak lagi. Algoritma Google ada bermacam - macam seperti : Algoritma Penguin, Caffeine, Panda, Emd, dll
  • ROBOT berfungsi untuk mengunjungi halaman anda sesuai dengan link yang menuju ke halaman - halaman anda atau biasa kita sebut dengan Backlink. Maka dari itu, Backlink sangatlah penting untuk blog anda, tanpa Backlink blog anda akan kesulitan untuk bersaing dengan ribuan juta website yang ada di seluruh dunia. Sedangkan fungsi Robot sendiri adalah untuk mengambil data dari setiap halaman.
  • GOOGLEBOT adalah sebuah robot Google yang berfungsi untuk melakukan Perayapan Mendalam atau biasa disebut dengan Deep Crawling.
  • FRESHBOT adalah merupakan versi diunggulkan dari pada GoogleBot, FreshBot berfungsi untuk mengambil data - data setiap blog kita melakukan perubahan.
  • INDEX merupakan istilah untuk Database Google.
  • SNIPPET adalah kata - kata yang akan muncul di hasil pencarian tepat di bawah Judul blog kita. Snippet akan menampilkan Deskripsi blog anda.
  • RICH SNIPPET akan menampilkan Deskripsi blog anda, fungsinya hampir sama dengan Snippet. Rich Snippet akan menampilkan Deskripsi blog anda yang ditambahi dengan rangkaian informasi supaya terlihat professional.
  • PAGERANK adalah poin - poin yang di dapatkan dari jumlah link dari website lain menuju ke halaman anda (backlink). Semakin banyak jumlah link dari website laink menuju ke halaman anda, maka anda akan mendapatkan poin - poin Pagerank dan jika poin Pagerank anda bertambah, maka blog anda akan lebih mudah terindex di halaman pertama pada Search Engine Google. Pagerank ini merupakan sistem yang dibuat dan digunakan oleh Google.
  • PENALTY adalah sanksi (hukuman) yang diberikan oleh Search Engine karena melanggar Peraturan dan Kebijakan pada Searh Engine tersebut. Jika blog tersebut mengalami Penalty, maka akan ada penurunan ranking dan blog tersebut bisa juga di banned (hapus) jika blog tersebut masih melanggar peraturan.
  • SERP (Search Engine Result Page) adalah sebuah halaman yang akan anda lihat di Search Engine setelah anda memasukan kata - kata di Kueri Pencarian.
  • HONEYMOON merupakan kejadian yang sangat langka, HONEYMOON adalah istilah yang biasa digunakan oleh para webmaster jika suatu blog / website baru yang secara tiba - tiba berada di urutan pertama pada Search Engine. Hal ini dapat terjadi karena Algoritma Google yang sedang mencari artikel yang segar dan kaya informasi. Tapi jika suatu blog / website yang mendapatkan Honeymoon tidak dapat menjaga kualitas blognya, maka peringkat blog tersebut akan turun meskipun tidak akan turun secara drastis. Bagi blog / website yang pernah mendapatkan Honeymoon, maka blog tersebut akan mudah terindex oleh Google meskipun blog tersebut sudah tidak mendapatkan Honeymoon lagi.
  • GOOGLE WEBMSATER TOOLS merupakan sebuah alat yang diberikan oleh Google supaya pemilik web (webmaster) dapat melihat data - data (seperti: jumlah halaman yang terindex, data pengunjung dan pageview dll) untuk blog mereka.
  • GOOGLE ANALYTIC adalah sebuah alat yang diberikan oleh Google supaya pemilik web dapat melacak aktifitas blog anda sehingga anda dapat melakukan analisa untuk blog anda.


Semoga Istilah - Istilah SEO yang ada di atas dapat menambah wawasan anda tentang dunia blogging. Jika anda ingin bertanya - tanya atau masih kebingungan apa yang ada di atas, anda bisa bertanya di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini.