Sunday 28 June 2015

Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel dalam PHP (Belajar PHP)

Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel dalam PHP



Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel dalam PHP - Variabel merupakan tempat yang digunakan oleh PHP yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan mengirim ke berbagai tempat. Variabel PHP dapat di teruskan di dokumen lain. Mungkin anda masih kebingungan dengan penjelasan saya yang ada di atas, tenang saja saya akan menjelaskan lebih lanjut lagi. Anda pasti pernah belajar matematika dan pastinya anda masih mengingat persamaan variabel kan? Saya akan mencontohkan seperti ini, Jika “4+x=8”.

Dalam contoh di atas, nilai X merupakan variabel. Tentu saja anda pasti sudah menebak bahwa nilai X adalah 4. Sama persis dalam Variabel PHP, Variabel PHP berfungsi seperti di atas. Anda sudah mengerti kan apa itu Variabel?. Ok, anggap saja anda sudah mengerti Apa Itu Variabel, tetapi jika anda masih kebingungan, Silahkan anda bisa berkomentar di bawah artikel ini. Saya harap anda sudah memiliki Aplikasi Xampp (Klik untuk mendownload) dan sudah bisa Mengoperasikan Aplikasi Xampp.

Pengertian Variabel dan Cara Penulisan Variabel dalam PHP

Variabel di PHP akan dimulai dengan tanda dollar “$”. Akan saya contohkan cara menggunakan Varbale di PHP. Pertama, silahkan anda salin kode di bawah ini, kemudian simpanlah kode ini dengan ekstensi .php selanjutnya anda jalankan file tersebut menggunakan Aplikasi Xampp.
<?
$isi_variabel = "Hey, Saya menyukai Chelsea FC ! ";
print ("Ini akan menampilkan Isi_Variabel: $isi_variabel");
print ("<p>");
$isi_variabel = "Pemain yang saya sukai adalah Frankie Lampard ! ";
print ("Ini akan menampilkan Isi_Variabel: $isi_variabel");
?>

Hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini
Contoh Membuat Variabel PHP di Xampp

Pasti anda kebingungan dengan kode yang ada diatas, tenang saja saya akan menjelaskan lebih lanjut lagi. Ingat baik - baik, semua variabel PHP dimulai dengan tanda dollar “$”. Berikut adalah penjelelasan kode yang ada di atas:

  • Baris 1 awal kode PHP (Kode <? akan memberitahukan kepada browser bahwa Kode PHP akan dimulai dari sini).
  • Baris 2 kita membuat variabel dengan kode $isi_variabel dan kita memberikan nilai awal yaitu “Hey, Saya menyukai Chelsea FC”.
  • Baris 3 kita akan menampilkan (print) kalimat dan nilai variabel dengan menggunakan kode $isi_variabel
  • Baris 4 Kita membuat baris baru menggunakan kode <p> (kode <p> merupakan kode HTML yang berfungsi untuk membuat paragraf baru).
  • Baris 5 Kita membuat kembali Variabel PHP dengan mengisi kalimat “Pemain yang saya sukai adalah Frankie Lampard”.
  • Baris 6 Kita menampilkan kembali nilai Variabel PHP.
  • Baris 7 Akhir kode PHP (kode ?> memberitahukan kepada browser bahwa kode PHP sudah berakhir).

Catatan: Anda bisa membuat 1 Variabel dan menampilkan Nilai Variabel lebih dari 1x. Anda juga bisa membuat Variabel PHP lebih dari 1 kali, tetapi (misalkan) jika anda membuatnya 2 Variabel, maka anda hanya bisa menampilkanya Nilai Variabel 2x saja.

Semoga tutorial di atas dapat membantu anda, Jika anda masih kebingungan silahkan anda bisa berkomentar di bawah artikel ini. Terima kasih anda sudah membaca artikel ini dan sudah mengunjungi situs ini, Silahkan anda bisa membaca artikel lain seperti: Aturan Penulisan Kode Script PHP Dengan Benar atau Contoh Script PHP Dasar dan Sederhana