Sunday 28 February 2016

Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

Cara Menghindar dari Serangan Keylogger - Seperti yang kita ketahui, ada banyak cara untuk melakukan teknik hacking salah satunya yaitu Keylogger. Keylogger merupakan sebuah perangkat lunak yang mampu menyimpan aktivitas pada komputer anda seperti saat anda sedang login di akun jejaring social lalu anda memasukan email dan password, nah disitulah Keylogger akan menyimpan email dan password yang anda ketik. 

Keylogger sendiri dapat disisipkan pada software yang anda install, plugin tambahan seperti add ons dan masih banyak lagi. Bagi anda yang memiliki data - data penting di komputer anda, tips berikut ini akan berguna bagi anda untuk menghindar dari serangan Keylogger. Bagi anda yang sudah bisa Menghindar dari Serangan Keylogger, silahkan anda bisa membaca artikel lainya seperti Cara Buka Situs Web Versi Mobile di PC Via Google Chrome atau Cara Memposting Ke Semua Grup Facebook Secara Otomatis

Cara Menghindar dari Serangan Keylogger

#1. Gunakan Password dengan Karakter Spesial

Keylogger tidak akan menyimpan karakter special seperti @, *, &, %, ^, !, $. Misalnya password anda seperti ini Dataku@3*4 maka Keylogger akan menyimpanya seperti ini Dataku2384 Lihatlah baik - baik, Karakter Spesial akan diganti dengan angka sesuai dengan letak Karakter Spesial tersebut pada keyboard seperti Karakter Spesial @ terdapat pada angka 2 dan Karakter Spesial * terletak pada angka 8 dan seterusnya. Meskipun cara ini masih lemah, tapi banyak pengguna keylogger yang kesulitan untuk menebak Karakter Special tersebut.

#2. Gunakan Virtual keyboard untuk Mengetik Data Penting

Virtual Keyboard merupakan Keyboard yang ditampilkan pada layar komputer anda, anda hanya menge-klik untuk menulis data penting anda seperti Username, Email ataupun Password. Keylogger tidak mampu mendeteksi aktivitas Virtual Keyboard, karena keylogger hanya mampu menyimpan data - data tersebut data anda mengetiknya pada keyboard komputer anda. Untuk menggunakan Virtual Keyboard, silahkan anda buka Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Ease of Access -> On-Screen Keyboard atau anda bisa membukanya dengan Windows Run, tekan WIN+R lalu ketik osk.exe lalu tekan enter.
Gunakan Virtual keyboard untuk Mengetik Data Penting

#3. Gunakan Notepad untuk Menyimpan Password saat Membuka Akun di Komputer Lain

Jika anda sedang menggunakan komputer lain atau sedang berada di warnet, saya sarankan untuk menggunakan Notepad untuk menyimpan data - data penting anda. Setelah anda menyimpannya di Notepad, anda cukup meng-copy data tersebut, kemudian mem-pastekannya, karena Keylogger tidak akan mampu mendeteksi aktivitas Copy & Paste. Cara ini merupakan cara alternatif bagi anda yang sedang terburu - buru.

#4. Gunakan Software Anti Keylogger

Jika anda sering bertransaksi online, pasti anda akan membuka akun pribadi anda seperti paypal, payoner dll. Ini akan sangat merugikan bagi anda jika akun tersebut berhasil di ketahui oleh pengguna Keylogger. Maka dari itu, untuk menghindarinya anda bisa menggunakan Software Anti Keylogger seperti SpyShelter. Bagi anda yang tertarik menggunakan software ini, anda bisa mendownloadnya pada halaman ini >>> Download SpyShelter.

Semoga tutorial di atas dapat membantu anda untuk Menghindar dari Serangan Keylogger, namun bagi anda yang belum berhasil silahkan anda dapat berkomentar di bawah artikel ini. Anda juga bisa melihat Artikel lain seperti Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup atau Cara Agar Laptop Tidak Mati Saat Layar Ditutup.