Sunday 7 June 2015

Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag di Setiap Artikel

Cara Pasang Meta Description, Title Tag, Dan Heading Tag Berbeda Tiap Artikel

Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag di Setiap Artikel - Supaya blog anda lebih SEO Friendly, saya sarankan untuk memasang Meta Description, Title Tag dan Heading Tag berbeda di setiap artikel. Karena itu, langkah ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan nilai SEO blog anda. Mungkin bagi anda yang baru mengenal dunia blog akan sedikit kesulitan apa itu Meta Description, Title Tag dan Heading Tag. Sebelum melanjutkan tutorialnya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu.

Meta Descriptsion adalah untuk menDeskripsikan sebuah blog / artikel supaya pengunjung bisa melihat apa isi dari blog / artikel tersebut. Gunakanlah Meta Description yang mengandung kata kunci supaya Google lebih mudah untuk mengindex halaman anda dan jangan menggunakan Meta Description yang terlalu panjang, gunakanlah Meta Description Maksimal 150 karakter. Karena jika terlalu panjang blog anda akan terkena Spaming Keyword.

Title Tag adalah untuk memberikan Judul untuk blog / artikel. Gunakanlah Title Tag yang SEO Friendly supaya robot google mudah membaca Title Tag yang ada di blog anda. Heading Tag merupakan seubah Heading (H2, H3 dan H4) yang ada di dalam artikel. Saran saya gunakanlah Heading di setiap yang anda buat dan gunakanlah Heading sesuai dengan Judul Artikel yang anda buat. Sebelum membaca artikel ini, saya harap anda sudah mengetahui Daftar Istilah dan Pengertian SEO.

Cara Pasang Meta Description, Title Tag, dan Heading Tag di Setiap Artikel

Title Tag
Untuk memasang Title Tag yang berbeda di setiap artikel, Saya harap Title Tag anda sama seperti di bawah ini:
<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>

Lalu, Bagaimana cara melihat kode Title Tag? Untuk melihat kode Title Tag, silahkan anda ikuti langkah - langkah berikut ini:
  1. Masuk ke Dashboard Blogger, kemudian masuklah ke Template > Edit HTML.
  2. Maka anda akan melihat sebuah kode HTML yang ada di blog anda.
  3. Selanjutnya, carilah kode <title>. Gunakanlah CTRL+F supaya lebih mudah.
  4. Selanjutnya, silahkan anda cek apakah kode di antara <title> sampai </title> sama seperti yang ada di atas?
  5. Jika sama, maka anda bisa melewati langkah ini namun jika berbeda silahkan hapus kode <title> sampai </title> kemudian Copy Paste (CTRL+V) kode yang ada di atas.
  6. Klik Simpan (Save) untuk menyimpan perubahan 

Jika blog anda tidak mempunyai <title> maka Copy Paste kode yang ada di atas kemudian taruhkan kode tersebut tepat di bawah kode <head>. Sekarang Title Tag anda sudah SEO Friendly, mari kita lanjutkan ke bagian Meta Description.

Meta Description
Settingan awal blogspot memang belum mengaktifkan Meta Description di artikel. Maka dari itu, kita akan mengaktifkan Meta Description di setiap artikel yang akan anda buat. Ikuti langkah - langkah berikut ini:
  1. Masuklah ke Dashboard Blogger
  2. Masuklah ke Menu Setelan (Setting).
  3. Kemudian pilihlah Submenu Preferensi Penelusuran.
  4. Selanjutnya pilih Ya untuk mengaktifkan Meta Descriptsion.
  5. Kemudian klik Simpan Perubahan. 
    Cara Memasang / Mengaktifkan Meta Descriptions di Blogger
Untuk melihat apakah Meta Descriptsion blog anda sudah aktif apa belum, silahkan pergilah ke menu dimana anda membuat artikel, maka anda akan melihat Description Penelusuran posisi tepat di sebelah kanan. Isilah Meta Description yang mengandung kata kunci dan sesuai dengan isi artikel yang akan anda buat.

Heading Tag
Menambahkan Heading Tag akan membuat artikel anda lebih SEO Friendly karena Heading Tag merupakan Sub Judul di artikel anda yang akan mendefinisikan masalah yang akan di selesaikan di artikel tersebut. Heading Tag merupakan point penting untuk meningkatkan nilai SEO blog anda. Untuk menambahkan Heading Tag sangatlah mudah, klik Icon Editor Artikel (yang bertulisan Normal). Silahkan lihat gambar di bawah ini.
Cara Membuat Heading Tag di Artikel Blogger

Silahkan anda pilih sendiri Heading yang akan kalian buat seperti Heading <h2> Subheading <h3> dan Minor Heading <h4>. Saran saya gunakanlah Heading Tag di setiap artikel yang akan anda buat dan gunakanlah  Heading Tag sesuai dengan Judul Artikel anda.

Dengan Demikian anda sudah memasang dan mengaktifkan Title Tag, Meta Descriptsion, dan Heading Tag di blog anda. Terima kasih anda sudah membaca artikel ini dan sudah mengunjungi blog saya. Setelah anda menguasai Bab ini, silahkan pelajari juga teknik SEO berikutnya yaitu Cara Menulis Artikel Berkualitas Standar SEO.