Tuesday 18 August 2015

Cara Membuat Daftar Atau List Menggunakan Kode HTML

Cara Membuat Daftar Atau List Menggunakan Kode HTML


Cara Membuat Daftar atau List Menggunakan Kode HTML - Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas Cara Merubah Tampilan Teks, kali ini kita akan membahas tentang membuat daftar atau list menggunakan kode HTML. Sebenarnya Daftar atau List di HTML sama seperti anda menggunakan Microsoft Word. Akan saya jelaskan terlebih dahulu Apa Itu Daftar atau List.

Apa itu Daftar & List di HTML? - Daftar atau List di HTML sama seperti di Microsoft Word. Jika di Microsoft Word bernama Bulleted & Numbering, nah jika di HTML bernama Ordered List dan Unordered List. Ordered List merupakan daftar yang bernomor sama seperti Numbering (Microsoft Word) sedangkan Unordered List adalah daftar yang menggunakan bullet. Langsung aja kita bahas cara membuatnya.

Cara Membuat Daftar atau List Menggunakan Kode HTML

Ordered List

Sebelumnya sudah saya jelaskan, Ordered List merupakan daftar yang berbentuk nomor. Untuk membuat Ordered List di HTML, kita akan menggunakan dua tag berbeda, yaitu tag <OL> dan tag <UL>. Tag <OL> adalah tag dimulainya sebuah daftar bernomor dimulai, sedangkan tag <UL> adalah isi dari tag HTML yang akan kita tuliskan (untuk membuat daftar bernomor). Langsung saja akan saya contohkan kode tag HTML untuk membuat Ordered List di HTML:
<ol>
<li>Belajar HTML</li>
<li>Belajar CSS</li>
<li>Belajar PHP</li>
<li>Belajar MySQL</li>
<li>Belajar Javascript</li>
</ol>
Silahkan anda praktekan kode di atas menggunakan Notepad, bagi anda yang belum bisa membuat kode HTML menggunakan Notepad, silahkan anda bisa membaca tutorial ini >>> Cara Membuat Kode HTML di Notepad.

Maka Hasilnya akan seperti ini:
  1. Belajar HTML
  2. Belajar CSS
  3. Belajar PHP
  4. Belajar MySQL
  5. Belajar Javascript

Lihat baik - baik kode tag di atas, seperti yang saya katakan sebelumnya. Tag <OL> tanda dimulainya daftar bernomor (Ordered List) sedangkan tag <LI> adalah isi untuk membuat daftar bernomor. Jangan lupa untuk memberikan tag penutup setelah tag pembuka.

Unordered List

Untuk membuat Unordered List, kita akan memerlukan dua tag berbeda yaitu tag <UL> dan tag <LI>. Sama seperti Ordered List, hanya saja kita tidak menggunakan tag <OL> melainkan menggunakan tag <UL>. Langsung aja, akan saya contohkan cara membuatnya:
<UL>
<li>Membuat Website di Blogger</li>
<li>Belajar SEO Untuk pemula</li>
<li>Belajar Bisnis Online ternyata mudah</li>
</UL>
Silahkan anda praktekan kode di atas menggunakan Notepad. Cara kerjanya sama seperti Ordered List, tag <UL> berarti tag untuk dimulainya Unordered List sedangkan tag <LI> adalah tag untuk membuat Isi Unordered List.
Maka Hasilnya Seperti ini:
  • Belajar HTML
  • Belajar CSS
  • Belajar PHP
  • Belajar MySQL
  • Belajar Javascript

Mudah bukan belajar HTML? Bagi anda yang masih kesulitan untuk membuat daftar atau list di HTML, silahkan anda bisa berkomentar di artikel ini. Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan membaca artikel ini.