Wednesday 8 July 2015

Pengenalan HTML dan Dasar - Dasar HTML (Part 1)

Pengenalan HTML dan Dasar - Dasar HTML


Pengenalan HTML dan Dasar - Dasar HTML - HTML merupakan kunci dasar bagi seorang Web Progamer ataupun Webmaster. Kenapa saya katakan bahwa html merupakan kunci dasar? Karena tanpa adanya HTML, sebuah website tersebut tidak akan bisa tampil. Maka dari itu, Web Progamer harus menguasai dan memahami cara menggunakan HTML dengan benar. Anda juga bisa mempraktekan HTML di Notepad, akan tetapi bagi anda yang belum mengetahui cara menggunakanya, silahkan anda bisa membaca artikel ini Cara Membuat HTML di Notepad.

Pengenalan HTML dan Dasar - Dasar HTML

Pasti anda sering bertanya - tanya, Apa itu HTML ? dan Singkatan dari nama HTML itu apa? Akan saya jelaskan sedikit mengenai HTML yang berdasarkan situs resminya( www.w3schools.com):

  • HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language
  • Kode Script HTML merupakan sebuah file yang berisikan kode - kode tag markup seperti <b> <i> <u> dll.
  • Tag Markup sendiri berfungsi untuk memberitahukan kepada browser bahwa kode HTML ini akan ditampilkan seperti apa pada sebuah website. (seperti tag <b> maka browser akan menampilkan teks tebal pada sebuah website tersebut)
  • File HTML berekstensi .htm atau .html namun saran saya gunakan ekstensi .html karena tidak semua browser mendukung ekstensi .htm
  • File HTML dapat dibuat di teks editor seperti Notepad, Crimson Editor dll.
  • Kode HTML di awali dengan tag <contoh>  dan di akhiri dengan tag </contoh>. 
  • Kode HTML dapat di gabungkan dengan kode script lain seperti: Javascript, CSS dan PHP


Sudah mengerti kan apa itu HTML? Semoga penjelasan di atas dapat membantu anda untuk lebih mengenal lebih dalam lagi tentang kode script HTML. Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan sudah membaca artikel ini.