Wednesday 8 July 2015

Cara Membuat HTML di Notepad Lengkap (Part 2)

Cara Membuat HTML di Notepad Lengkap


Cara Membuat HTML di Notepad Lengkap - Pada artikel sebelumnya, saya sudah menjelaskan kepada anda tentang Pengenalan HTML. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan Cara Menjalankan Kode HTML di Notepad. Notepad merupakan sebuah aplikasi Editor Teks yang berfungsi untuk membuat kode - kode script seperti: HTML, CSS, PHP, Javascript dll. Notepad juga bisa membuat sebuah catatan penting buat anda. Notepad memang hampir mirip dengan Microsoft Word, namun fitur - fitur yang ada di notepad tidak selengkap seperti Microsoft Word. 

Cara Membuat HTML di Notepad Lengkap

1. Bukalah aplikasi notepad anda dengan cara klik start (logo windows) > pada kolom search, kemudian ketikan Notepad > Kemudian klik Notepad, maka aplikasi Notepad akan terbuka.
Cara Membuka Notepad di Windows

2. Ketikan kode HTML seperti di bawah ini di aplikasi notepad:
<html>
<head>
<title>Belajar HTML</title>
</head>
<body>
Ini adalah halaman HTML pertama saya!
</body>
</html>

3. Selanjutnya klik File (posisi berada di atas sebelah kiri) kemudian klik Save (tekan CTRL+S supaya lebih cepat).
4. Isikan nama File dengan Belajar.html kemudian ubah save as type menjadi All Files, Jika sudah Klik Save (anda dapat membuat nama file apa saja terserah anda, akan tetapi jangan lupa gunakan ekstensi .html supaya file tersebut dapat dibaca sebagai file HTML. 

Cara Menyimpan File HTML di Notepad

5. Silahkan buka file anda dengan cara klik 2 kali pada file HTML yang telah anda buat, maka akan muncul seperti pada gambar di bawah ini. 
Cara Menampilkan Kode HTML di Browser Menggunakan Notepad

Mudah bukan? Jika anda masih kesulitan, silahkan anda bisa bertanya di kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Semoga Tutorial di atas dapat membantu anda dalam belajar kode script HTML. Terima kasih anda sudah mengunjungi situs ini dan sudah membaca artikel ini.