Monday 16 November 2015

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup - Bagi anda yang pernah menonton film "Iron Man", pasti anda pernah melihat komputer bisa berbicara pada film tersebut. Sekarang komputer anda pun bisa melakukanya, akan tetapi pada artikel ini kita hanya membuat komputer berbicara pada Startup saja (pada saat komputer dinyalakan). Bagi anda yang masih menggunkanan Windows versi lama (Windows 7 dan Windows XP), tenang saja karena trik ini dapat digunakan untuk semua versi windows. Jika anda sudah bisa membuat komputer anda berbicara pada saat startup, silahkan anda bisa membaca artikel lainya seperti: Cara Memblokir Website Tertentu di Komputer atau Cara Menyukai Status Teman Secara Otomatis menggunakan Google Script

Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

1. Pertama - tama kita buka terlebih dahulu aplikasi Notepad.
2. Setelah Notepad terbuka, langkah selanjutnya  Copy-lah kode yang ada di bawah ini kemudian Paste-kan di Notepad yang sudah anda buka.
Dim speaks, speech
speaks="Welcome to The Ipeenk Creations, Don't forget to visit www.ipeenk.com"
Set speech=CreateObject("sapi.spvoice")
speech.Speak speaks
Keterangan: Ubahlah kalimat yang berwarna Hijau dengan kata kata yang anda inginkan. Sebaiknya jangan gunakan kata kata bahasa Indonesia, gunakanlah kata kata bahasa inggris. Jika anda menggunakan kata kata berbahasa Indonesia, maka suara yang akan muncul menjadi tidak jelas.
Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

3. Simpanlah kode tersebut dengan cara klik File kemudian pilih Save. Kemudin Simpanlah dengan nama welcome speak.vbs dan ubahlah Save As Type menjadi All Files. Selanjutnya, pilihlah lokasi penyimpananya, pilihlah sesuai dengan windows yang anda gunakan seperti di bawah ini:

Windows 7, Windows 8, Windows 8.1:
C:\Users\USERNAME\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup

Keterangan:
Kata USERNAME adalah USERNAME komputer anda.
Pada dasarnya, folder AppData masih ter-hidden (masih disembunyikan) pada Windows 7 dan 8. Untuk menampilkanya, ikuti langkah di bawah ini:

  • Windows 7 : Bukalah "Windows Exploler" lalu pilihlah "Organize" kemudian pilih "Folder and Search Option", pada tab "View" berilah tanda centang pada pilihan "Show hidden file, folder and drivers".
  • Windows 8: Bukalah "File Exploler". Selanjutnya klik pada tab "View", maka akan terbuka beberpa menu pilihan, centang pada bagian "Hidden Items". 
    Cara Membuat Komputer Berbicara Pada Saat Startup

Windows XP:
C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup

4. Setelah anda menyimpan filenya, silahkan anda Restart Komputer anda. Sebelum me-Restart komputer anda, tingkatkan volume terlebih dahulu sehingga anda bisa mendengarnya lebih jelas.
Keterangan: Pastikan komputer anda sudah terinstall Driver Audio, jika komputer anda belum terinstall Driver Audio, maka trik yang ada di atas tidak akan berhasil.

Semoga tutorial di atas dapat membantu anda untuk Membuat Komputer Anda Berbicara Pada Saat Startup, namun bagi anda yang belum berhasil silahkan anda dapat berkomentar di bawah artikel ini, Anda juga bisa melihat Artikel lain seperti Cara Membuat Laptop Tidak Mati Saat Layar Ditutup atau Cara Memposting Ke Grup Facebook secara otomatis. Terima kasih anda sudah mengunjungi Website ini dan sudah membaca artikel yang ada di website ini.