Sunday 14 June 2015

Cara Menggunakan Xampp Di Windows 7 dan 8 Terbaru

Tutorial Menggunakan Xampp Di Windows 7 dan 8



Cara Menggunakan Xampp Di Windows 7 dan 8 Terbaru - Belajar PHP memang memusingkan akan tetapi sangat menyenangkan terutama bagi pemula seperti saya. Supaya kode PHP yang anda buat bisa berjalan, anda membutuhkan Aplikasi Xampp namun ada juga yang sudah memiliki aplikasi Xampp tetapi belum bisa mengoperasikan Aplikasi Xampp.

Memang kode php yang kita buat akan di simpan di direktori dimana kita menginstal Aplikasi Xampp akan tetapi kita tidak dapat menyimpan sebuah file di dalam drive instalasi seperti drive C karena di direktori tersebut kita belum mengaktifkan ijin secara Full Control, maka dari itu kita disini akan belajar supaya dapat mengoperasikan dan menjalankan Aplikasi Xampp. Sebelum anda melanjutkan tutorial ini, saya harap anda sudah memiliki Aplikasi Xampp akan tetapi jika anda belum mempunyai Aplikasi Xampp, Silahkan anda bisa membaca artikel ini Download Xampp dan cara menginstallnya.

Cara Menggunakan Xampp Di Windows 7 dan 8 Terbaru

1. Untuk menjalankan kode PHP, kita hanya perlu mengaktifkan Apache dan MySQL di Xampp Control Panel.
2. Buka Xampp Control Panel, kemudian aktifkan Apache dan MySQL seperti pada gambar di bawah ini
Cara Mengaktifkan Apache dan MySQL di Xampp Control Panel

3. Bukalah Browser (Mozilla Firefox / Google Chrome) yang anda gunakan. Kemudian ketikan seperti ini di Addres Bar: http://localhost maka akan muncul halaman Xampp seperti pada gambar di bawah ini, tapi halaman tersebut masih menggunakan bahasa Jerman. Klik English (Untuk mengganti bahasa menjadi bahasa Inggris) pada Sidebar menu di sebelah kiri untuk mengubah bahasa halaman Xampp menjadi Inggris.
Cara Merubah Bahasa Tampilan Xampp

4. Sekarang anda sudah berhasil mengoperasikan Xampp, akan tetapi anda akan kesulitan untuk menyimpan file di folder Xampp (karena drive Instalisasi atau biasa disebut dengan drive C tidak memiliki ijin Full Control). Untuk itu, silahkan baca tutorial ini dengan teliti supaya anda bisa mengoperasikan Xampp dengan lancar.
5. Buka direktori penginstalan Xampp kemudian klik “htdocs” (C:\Program Files\xampp\htdocs atau C:\Program Files (x86)\xampp\htdocs). Kemudian buat Folder Baru dengan nama Belajar. Silahkan lihat gambar di bawah ini supaya lebih jelas.
Cara Membuat Folder Baru di Xampp

6. Jika folder sudah anda buat, silahkan klik kanan pada folder “Belajar” keemudian klik Properties.

Cara Setting Folder di Xampp
7. Setelah anda klik Properties, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, jika tampilan seperti di bawah ini sudah muncul, klik Security.
Folder Properties di Xampp

8. Pada tampilan Menu Security, Klik Edit.
Pengaturan di Folder Xampp

9. Selanjutnya pilihlah User, kemudian Centanglah Full Control dan Modify, jika sudah klik Apply untuk menyimpan perubahan kemudian klik Ok.
Mengganti Full Control di Folder Xampp

10. Jika sudah, buatlah file baru untuk mencoba apakah filenya bisa disimpan atau tidak. Buka notepad anda, kemudian ketikan seperti ini di bawah ini:
<?
phpinfo();
?>
Membuat Kode PHP di Notepad

11. Klik Save, kemudian simpanlah dengan nama Belajar.php kemudian ubahlah Save As Type menjadi All Files. Klik Save (Simpan filenya di folder Belajar yang barusan anda buat).
Cara Menyimpan Kode PHP di Notepad

12. Buka kembali Browser yang anda gunakan, kemudian ketikan seperti ini di addres bar: http://localhost/belajar/belajar.php jika berhasil maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini.

Tampilan PHP Info di Xampp
13. Selamat anda sekarang sudah berhasil Mengoperasikan dan Menjalankan Xampp seccara penuh. Jika anda ingin membuat folder baru, lakukan cara yang sama seperti di atas supaya tidak ada kendala saat menyimpan file php yang anda buat.

Catatan, Ini adalah beberapa folder penting yang perlu anda ingat dari Xampp:

  • Folder Xampp secara default ada pada C:\Progam Files\xampp
  • Folder Home Web Server ada pada C:\Progam Files\xampp\htdocs
  • Folder MySQL ada pada C:\Progam Files\xampp\mysql
  • Folder penyimpanan data / tabel MySQL ada pada C:\Progam Files\xampp\mysql\data
  • Folder aplikasi Web Based Xampp ada pada C:\Progam Files\xampp\htdocs\xampp


Terima kasih anda sudah membaca artikel ini dan sudah mengunjungi situs ini, Jika anda masih kesulitan untuk melakukan Cara Pengoperasi Xampp, silahkan anda bisa bertanya di kolom komentar yang ada pada artikel ini.